Tuesday, August 9, 2011

Perempuan Penakluk Dunia


Oleh Yofika Pratiwi. S.




Ternyata banyak perempuan hebat di dunia diberbagai bidang yang mengubah wajah dunia. Banyak lelaki yang bertekuk lutut mengakui kehebatannya dan menyerahkan kebesarannya kepada perempuan”


Perempuan sering dianggap kaum yang lemah,sering mendapat diskriminasi, dan dianggap tak layak untuk memimpin. Mungkin secara fisik perempuan tidak sekokoh kaum lelaki, bukan berarti kaum hawa adalah makhluk yang lemah. Perempuan mampu menutupi kelemahan fisiknya dengan sejumlah kekuatan yang tak dimiliki kaum adam. Perempuan memiliki perasaan yang halus, penampilannya yang lembut, kecantikan, ketelitian, dan keteguhan hati.


Sebuah adegium menyebutkan bahwa perempuan adalah kekuatan utama keluarga dan negara. Bila dalam sebuah keluarga ada perempuan yang hebat, maka keluarga itu akan menjadi hebat. Begitu juga di sebuah negara, bila kaum perempuannya baik, maka akan kuat pula kondisi negara tersebut.





Ternyata banyak perempuan hebat di dunia diberbagai bidang; kesusasteraan,ilmu pengetahuan, politik, seni, fashion, hiburan bahkan olahraga yang mengubah wajah dunia. Bahkan banyak lelaki yang bertekuk lutut mengakui segala kehebatannya dan menyerahkan kebesarannya kepada perempuan ini. Buku “Wanita-wanita Yang Mengubah Dunia” ini mengulas sekitar 50 wanita yang mampu, bahkan lebih dibandin laki-laki dibidang yang mereka tekuni. 


Cleopatra, penguasa Mesir terakhir, mampu menaklukkan dua Raja Romawi Julius Caesar dan Marcus Antonius, pada 60-30 Sebelum Masehi (SM). Joan d’Arc putri petani miskin Prancis, memimpin pertempuran melawan pasukan Inggris dan membebaskan negerinya dari penindasan. Ratu Victoria memimpin Kerajaan Inggris Raya mencapai puncak kejayaannya di bidang ekonomi, sosial, teknologi yang menjadikan Inggris kekuatan global dunia. Ia merupakan penguasa monarki terlama di Inggris dan merupakan nenek moyang sejumlah kerajaan Eropa. 


Adapula sejumlah artis terkenal, mulai dari Marilyn Monroe, Madonna, sampai presenter papan atas Oprah Winfrey. Bidang akademis ada Marie Curie pemenang Nobel atas penemuan unsur kimia radium. Di kancah politik ternyata banyak perempuan yang berhasil, seperti Eleanor Roosevelt, Eva Veron, sampai Benazir Bhutto. 


Dan dari tanah air, ada Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai pejuang emansipasi perempuan, Cut Nyak Dien yang menolak menyerah melawan VOC Belanda, Megawati Soekarnoputri yang menjadi Presiden ke-5 RI, dan atlet bulutangkis peraih medali emas Olimpiade Susi Susanti.


Walau hanya menampilkan biografi singkat, buku ini memberikan inspirasi bahwa perempuan memberikan andil besar bagi kehidupan di dunia. Kehadiran perempuan memberikan nuansa dan aroma berbeda bagi wajah dunia yang selalu hiruk pikuk oleh polah kaum lelaki.


Dalam bidang apa pun, pada masa apa pun, dan dari mana pun perempuan berasal, mereka tak bisa dipandang sebelah mata. 




Judul : Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia
Penulis : Rosalind Horton & Sally Simmons
Penerbit : Esensi
Terbit : April 2009
Tebal : 232 Halaman

1 comment:

  1. Asslkum mbak "yofikapratiwi", senang mengenal wanita hebat seperti anda, semoga kita bisa bertemu segera, Th 2013 kami ada road show di 100 kota. Salam kenal, salam persahabatan dan sukses selalu ya? :). Nur Ahmadi (CV. MADINA SAKTI)

    ReplyDelete